best website templates

© PT Tamasya Indah 2020

.

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Kiswah, Kain Penutup Kakbah

DALAM kunjungan singkatnya ke Masjid Istiqlal, Jakarta, kemarin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud menyerahkan kain kiswah sepanjang 3 meter kepada pihak Masjid. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan kiswah tersebut diberikan oleh Baginda Raja sebagai buah tangan untuk Masjid terbesar di Asia Tenggara itu.
Kiswah adalah kain yang digunakan untuk menutupi Kakbah di Makk‎ah, Arab Saudi. Kain ini biasa bertuliskan kaligrafi yang disulam dengan menggunakan benang emas. Kiswah biasanya diganti setiap tahunnya pada 9 Dzulhijjah atau hari di mana jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim haji.
Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang kiswah yang mungkin belum diketahui umum. Berikut ini fakta-fakta tersebut, sebagaimana dirangkum Okezone, Jumat (3/3/2017):

1. Kiswah tidak selalu berwarna hitam
Selama ini kain kiswah yang menyelimuti Kakbah identik dengan warna hitam dan sulaman kaligrafi emas. Ternyata, dahulu kain kiswah terdiri dari berbagai warna, seperti merah, putih, dan hijau.
Penggunaan warna hitam untuk kain kiswah diduga dimulai pada masa pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah yang berdiri sejak 750 masehi sampai 1258 masehi. Warna keluarga kerajaan Dinasti Abbasiyah adalah hitam, yang digunakan sebagai warna kiswah sampai hari ini.

2. Biaya pembuatan kiswah lebih dari Rp60 miliar
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kain kiswah diganti setiap tahun pada 9 Dzulhijah. Berarti, setiap tahunnya ada kiswah baru yang dibuat untuk menggantikan kain yang lama.
Pembuatan kiswah baru dilakukan oleh sebuah pabrik khusus yang berlokasi di Makkah. Biaya pembuatan selembar kain kiswah dilaporkan mencapai 17 juta riyal atau sekira Rp60 miliar dan
Kain kiswah terbuat dari 670 kilogram (kg) kain perak yang diwarnai hitam. Sekira 120 kg emas murni dan 50 kg perak digunakan untuk menulis kaligrafi ayat-ayat Alquran di kain kiswah. Total lebar kain kiswah mencapai 658 meter persegi.

3. Kain kiswah tidak selalu dibuat di Arab Saudi
Arab Saudi memiliki pabrik khusus yang bertugas mendesain dan membuat kiswah Kakbah. Namun ternyata sepanjang sejarahnya, kain kiswah tidak selalu dibuat di Arab Saudi.
Sebelum pabrik khusus pembuat kiswah di Makkah berdiri pada 1927, 47 potong kain kiswah dibuat di Mesir dengan bahan-bahan yang dikirim dari Sudan, India, dan Irak. Saat ini kain kiswah dibuat dengan kain sutra kualitas tinggi yang diimpor dari Italia dan Swiss.
Semasa Perang Dunia I, Turki yang bergabung dengan Jerman merasa ragu kiswah Kakbah dari Mesir bisa mengirimkan kiswah ke Makkah. Karena itu, Turki membuat sebuah kiswah yang sangat mewah di Istanbul dan mengirimnya ke Madinah. Tetapi kiswah dari Mesir berhasil tiba di Makkah tepat waktu, sehingga kiswah buatan Turki tetap disimpan di Madinah.

4. Kiswah lama dipotong dan dijadikan cenderamata
Setiap tahunnya kiswah Kakbah diganti dengan yang baru, dan kain yang lama akan diturunkan. Kain kiswah lama ini akan dipotong-potong untuk diberikan kepada tamu kehormatan dan organisasi keagamaan. Biasanya, penerima potongan kiswah akan menjaganya sebagai sebuah harta yang berharga.
Pada 1983 misalnya, Arab Saudi memberikan potongan besar kiswah kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mewakili seluruh umat Islam di dunia. Kain yang dihadiahkan kepada Masjid Istiqlal kemarin pun sepertinya merupakan potongan dari kiswah lama.

Pemerintah Akan Membentuk Rekening
Penampungan Biaya Umrah

28 Januari 2021

jangan sampai mekanisme penampungan dana umrah menyulitkan PPIU, khususnya dalam mengambil dana tersebut untuk penyediaan akomodasi bagi jemaah umrah,. Sebab, berkaca dari sistem sebelumnya, yakni Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh), uang jemaah seringkali tertahan dan pencairannya membutuhkan waktu lama.

Syarat Umrah Terbaru
Saat Masa Pandemi

29 Januari 2021

Syarat dan ketentuan ini diatur dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 719 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Kiswah, Kain Penutup Kakbah

01 Februari 2021

Arab Saudi memiliki pabrik khusus yang bertugas mendesain dan membuat kiswah Kakbah. Namun ternyata sepanjang sejarahnya, kain kiswah tidak selalu dibuat di Arab Saudi.

Address

Mampang Prapatan Raya no. 106 RT 01/01
Kel. Duren Tiga
Kec. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

Contacts

Email : info@tamasyaindah.co.id
Phone :
021 791 812 51
0857 141 124 64

__________

tamasyaindah.co.id