Mengenal Museum Al Maoudi, Tempat Ziarah di Makkah

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 01 April 2024, 10:01:21

IMG-20240324-WA0056-min.png

Foto : Dukumentasi Jamaah Umroh Ramadhan di Museum Al Amoudi, Makkah.

 

Museum Al Amoudi berlokasi di pinggir Kota Mekkah, tepatnya di wilayah El Shimeisi. Museum ini dapat ditemukan dengan mudah karena lokasinya yang strategis, berada di ruas jalan antara Mekkah dan Jeddah. Oleh sebab itu, Museum Al Amoudi cocok dijadikan destinasi wisata terakhir bagi rombongan jemaah umrah atau haji Indonesia sebelum kembali ke Tanah Air.

Langgam bangunan yang menyerupai benteng, terbuat dari perpaduan lumpur dan jerami, mampu membuat pengunjung flashback membayangkan tempat tinggal warga Arab pada masa lalu. Lokasinya yang dikelilingi gurun pasir tanpa bangunan apa pun di sekitarnya menambah kesan Arab kuno yang gersang dan panas.

Museum Al Amoudi dilengkapi beragam instalasi menarik yang sangat kental dengan peradaban Arab kuno, seperti baju zirah dan pedang yang digunakan untuk berperang, peralatan rumah tangga serba kuno yang sulit dikenali fungsinya di masa kini, dan ornamen yang berhubungan dengan kerajaan Arab. Tersedia juga patung miniatur raja Arab.

Salah satu instalasi yang sangat menonjol dan banyak diamati oleh pengunjung adalah replika Hajar Aswad. Jemaah umrah yang tidak sempat menyentuh Hajar Aswad saat di Baitullah, dapat mengobati rasa kecewanya di sini. Instalasi ini dibuat semirip mungkin dengan wujud aslinya yang berada di Kabah. Para pengunjung juga dapat berfoto dengan instalasi tersebut atas arahan pemandu museum.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id