Benarkah umroh bisa batal gara-gara gagal visa?

Umroh adalah alternative yang seringkali dipilih oleh umat muslim untuk mengunjungi tanah suci. Tentu saja hal ini berkaitan dengan panjangnya antrian keberangkatan haji. Akan tetapi keberangkatan umroh juga bukan perkara mudah. Calon jamaah umroh harus mengurus visa dan paspor layaknya calon jamaah umroh.

Selain mengurus masalah administrasi, calon jamaah umroh juga harus memperhatikan kuota umroh. Tingginya peminat ibadah umroh, mengharuskan calon jamaah umroh sedikit lebih sabar menanti waktu keberangkatan meski panjangnya antrian tak semembludak jamaah haji.

Berbagai polemik diatas harus diperparah lagi dengan adanya istilah “gagal visa”. Benarkah hal ini bisa menyebabkan gagal umroh? Simak ulasan berikut.

 

Penyebab terjadinya gagal visa

Kegagalan penerbitan dokumen izin masuk suatu negara sebenarnya tak pernah terjadi, yang terjadi sebenarnya adalah tidak terbit atau terlambat terbit. Kegagalan semacam ini biasanya lebih mengarah pada proses administrative semata. Beberapa penyebab kegagalan ini antara lain.

  1. Travel penyelenggara ternyata tak berizin

Jika travel yang digunakan untuk keberangkatan tak berizin, maka visa atau izin masuk sebuah negara tak akan diterbitkan oleh provider. Untuk itu sebaiknya perhatikan nomor izin penyelenggaraan sebelum menggunakan jasa biro tersebut.

  1. Travel penyelenggara tak membayar biaya penerbitan

Travel yang memiliki izin usaha perjalanan saja tidaklah cukup karena bisa saja ada oknum nakal dalam lembaga tersebut yang bermain nakal. Misalnya penyelewengan dana yang seharusnya digunakan untuk izin masuk sehingga izin masuk negara gagal terbit.

  1. Provider mencapai limit kuota

Kegagalan penerbitan buku izin masuk negara juga bisa diakibatkan oleh habisnya limit kuota. Hal ini biasa diakibatkan oleh membludaknya jamaah melebihi kuota umroh. Akan tetapi, kegagalan semacam ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengundurkan jadwal keberangkatan atau pindah provider.

  1. Paspor jamaah ditahan oleh konsul

Paspor yang ditahan oleh konsul adalah penyebab lain yang menghalangi keabsahan izin  masuk suatu Negara. Penahanan yang dilakukan konsul seperti ini biasanya dikarenakan tiket palsu atau tiket performa. Untuk mengatasinya, provider harus menunjukan tiket asli beserta pernyataan confirmed.

  1. Adanya regulasi kuota harian

Khusus bukan rajab, sya’ban dan ramadhan, pemerintah Arab Saudi akan memperketat kuota umroh harian. Batasan yang diberikan berbeda-beda, ada biro umroh yang mendapat jatah belasan, ada pula yang mendapat jatah puluhan. Hal ini tentu saja membuat biaya umroh membludak dan kegagalan izin masuk makin marak terjadi.

  1. Keterlambatan input data aplikasi ke kedutaan

Kegagalan teknis yang amat sering terjadi adalah keterlambatan input aplikasi ke Kedubes. Padahal, Kedubes secara resmi mengeluarkan peraturan tertulis yang ditempelkan pada loket pengurusan izin di Kedubes. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa input aplikasi harus dilakukan 6 hari kerja sebelum keberangkatan umroh.

 

Kiat mengantisipasi gagal umroh

Agar ibadah umroh tak tertunda atau batal, anda harus pastikan hal-hal berikut.

  1. Pastikan memilih biro umroh yang telah berizin. Jangan mudah tergiur dengan biro yang memiliki kuota umroh besar, apalagi yang memberikan iming-iming langsung berangkat.
  2. Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah anda miliki minimal 1 minggu sebelum hari keberangkatan.
  3. Selain melengkapi syarat administrative, pastikan pula tubuh siap menjalani serangkaian ibadah umroh dalam kondisi prima.

Jadi, sebenarnya batal umroh akibat gagal visa takakan pernah terjadi jika semua administrasi telah diurus dengan benar. Ingat bahwa aturan saat ini telah diperketat sehingga kita bagai konsumen juga harus lebih memperhatikan aturan main yang telah dibuat.

Tentang Kami

PT . Tamasya Indah Tour & Travel adalah salah satu badan usaha penyelenggara ibadah Umrah & Haji Plus yang berada di Jakarta Selatan

Plaza Basmar Lt. 3.3

Mampang Prapatan Raya no. 106 RT 01/01
Kel. Duren Tiga
Kec. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

021 79181251

085714112464

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 



Alasan Memilih Kami?

Amanah Kami berkomitmen kuat untuk menjaga amanah yang telah diberikan oleh jamaah.
Syariah Kami menjaga seluruh transaksi yang dilakukan menggunakan prinsip syariah.
Terpercaya Fasilitas dan kepastian keberangkatan menjadi prioritas kami