Menelusuri Jejak Nabi Muhammad SAW di Sekitar Masjid Nabawi

Masjid Nabawi memiliki nilai penting bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah haji atau umrah. Karena di masjid ini terdapat makam Nabi Muhammad SAW beserta dua sahabatnya. Jamaah yang melakukan shalat di masjid ini maka akan mendapat keutamaan 1000 kali dibandingkan shalat di masjid lain kecuali masjidil haram.

Mengunjungi masjid Nabawi selain untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan memperoleh keutamaan shalat, jamaah bisa mengunjungi tempat lain yang merupakan jejak Nabi Muhammad semasa hidupnya.

 

Raudhoh

                Raudhoh memiliki arti taman. Luas tempat ini dari timur ke barat sepanjang 22 meter, sedangkan dari utara ke selatan 15 meter. Tempat ini berada  di dalam Masjid Nabawi yang ditandai dengan tiang-tiang putih mulai makam Nabi Muhammad SAW hingga mimbar Nabi. Raudhoh adalah satu tempat yang mulia di dalam Masjid Nabawi, karena  menjadi tempat Rasulullah dan sahabat beribadah dan tempat turunnya wahyu kepada Rasulullah serta merupakan sebuah taman dari taman-taman syurga.
                Mimbar yang sekarang terdapat di dalamnya  adalah mimbar yang dibuat pada masa Sultan Muraad Al-Usmani pada tahun 1600 M. Letak mimbar ini tepat ditempat mimbar Rasulullah. Mihrab Nabawi merupakan tempat Rasulullah berdiri menjadi Imam shalat berjamaah.

Ketika membangun masjid, Rasulullah tidak membuat mihrab. Ketika menjadi imam shalat,  beliau selalu berdiri di tempat yang sama berjarak kurang lebih 6 meter disebelah timur mimbar. Kemudian pada tahun 90 H (712 M) Khalifah Umar bin Abdul ‘Aziz memerintahkan untuk membangun bentuk setengah lingkaran ditempat tersebut dan diberi nama Mihrab Nabawi.
                Raudhoh merupakan tempat yang makbul untuk berdoa. Tidaklah  heran tempat ini menjadi tempat paling favorit untuk sholat dan memanjatkan doa bagi para jamaah. Untuk dapat melaksanakan  shalat di tempat ini  tidaklah mudah. Jamaah harus rela berebut tempat dengan sebagian jemaah calon haji seluruh dunia.

Makam Baqi

                Makam Baqi terletak di sebelah timur Masjid Nabawi dan hanya dibatasi oleh halaman masjid. Tempat ini merupakan areal pemakaman lama yang dipakai  sejak zaman jahiliyah hingga  sekarang. Pada lokasi pemakaman ini disemayamkan Usman bin Affan, para anak dan istri Rasulullah kecuali Siti Khadijah serta sahabat-sahabat Rasulullah.
                Dahulu lokasi Baqi merupakan  kebun dengan banyak pepohonan berduri. Penduduk Madinah yang meninggal di Madinah haruslah dimakamkan ditempat ini. Oleh karena itu kaum muslimin menebang pepohonan berduri tersebut agar bisa dijadikan pemakaman. Rasulullah SAW sering mengunjungi Makam Baqi pada malam hari, lalu berdoa dan memohonkan ampunan bagi penghuninya.
                Kini pemakaman Baqi  telah mengalami perluasan dari aslinya. Perluasan tersebut dilakukan dengan membongkar bangunan-bangunan di sekitarnya. Luas pemakaman ini sekitar 138.000 meter persegi dan  dikelilingi pagar marmer yang kokoh. Pada bagian luarnya dibangun tempat ziarah yang tinggi, agar  peziarah dapat melihat lokasi pemakaman dari luar tanpa harus masuk ke dalamnya.

                Demikian sedikit uraian ketika mengenai menelusuri jejak Nabi Muhammad SAW di sekitar Masjid Nabawi. Raudhoh dan Makam Baqi merupakan tempat bersejarah peninggalan Nabi Muhammad SAW yang memiliki nilai Islam yang tinggi. Melakukan ziarah ke tempat ini akan memperoleh pahala yang besar.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan di kota Madinah, kemudian dimakamkan di Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah juga. Selain bertujuan untu beribadah dan berziarah, mengunjungi tempat-tempat di sekitar Masjid Nabawi dapat mengingatkan peristiwa maulid Nabi Muhammad SAW serta perjuangan beliau untuk menyebarkan Islam hingga beliau wafat.

 

Tentang Kami

PT . Tamasya Indah Tour & Travel adalah salah satu badan usaha penyelenggara ibadah Umrah & Haji Plus yang berada di Jakarta Selatan

Plaza Basmar Lt. 3.3

Mampang Prapatan Raya no. 106 RT 01/01
Kel. Duren Tiga
Kec. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

021 79181251

085714112464

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 



Alasan Memilih Kami?

Amanah Kami berkomitmen kuat untuk menjaga amanah yang telah diberikan oleh jamaah.
Syariah Kami menjaga seluruh transaksi yang dilakukan menggunakan prinsip syariah.
Terpercaya Fasilitas dan kepastian keberangkatan menjadi prioritas kami