Gunung bersejarah Islam yang Menjadi Tempat wisata favorit para Jemaah haji dan umroh

Melakukan ibadah haji dan umroh tidak lengkap rasanya jika tidak berziarah ke tempat wisata yang memiliki nilai sejarah dalam ke-Islaman. Tempat wisata yang memilki nilai sejarah dalam penyebaran Islam antara lain Jabal Tsur, Jabal Rahma, dan Jabal Uhud.

 Istilah Jabal dalam bahasa arab bisa diartikan sebagai gunung atau bukit. Masing-masing jabal tersebut memiliki sejarah yang berbeda, berikut akan diuraikan satu persatu.

 

Jabal Tsur

                Jabal tsur memiliki ketinggian 458 meter, dan dipuncaknya terdapat Gua Tsur. Letaknya  di sebelah selatan Masjidil Haram berjarak kurang lebih 6 km. Jabal ini memiliki nilai yang penting dalam sejarah Islam. Pada saat hendak melakukan hijrah ke Madinah, Rasulullah saw dengan sahabatnya Abu bakar ashiddiq bersembunyi di gunung ini dari kepungan orang kafir Quraisy.  Sebelumnya Rasulullah  berhasil melarikan diri dari kepungan orang kafir Quraisy di rumahnya, kemudian beliau mendatangi Abu Bakar dirumahnya dan mengajak  mencari perlindungan.
                Dari rumah Abu Bakar beliau bersama Abu bakar bersembunyi  di Gua Tsur. Pada waktu yang bersamaan sebagian orang  kafir Quraisy  mengejar Rasulullah SAW. Beruntunglah Rasulullah beserta Abu Bakar telah sampai terlebih dahulu  di dalam Gua Tsur dan kemudian bersembunyi.

Orang kafir Quraisy  menemukan gua tersebut, namun dalam keadaan tertutup dengan sarang laba-laba dan tampak  burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya. Melihat keadaan tersebut, mereka berkesimpulan bahwa Rasullah SAW tidak mungkin bersembunyi di gua.
                Tiga hari kemudian, Orang kafir Quraisy yang mengejar Rasulullah akhirnya menyerah karena beranggapan keadaan gua yang seperti itu mana mungkin ada orang yang bersedia masuk. Kemudian orang kafir Quraisy itu pergi. Rasulullah bersama dengan Abu bakar akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Madinah.

 

Jabal Rahma

                Jabal Rahma merupakan gunung kecil yang terdiri dari batuan-batuan besar, letaknya sekitar 1,5 km dari Masjid Namirah. Pada puncak Jabal Rahma terdapat sebuah tiang berbentuk segiempat dengan ukuran lebar 2 meter dan tingginya 8 meter. Untuk bisa sampai ke puncak, pengunjung bisa menaiki anak tangga yang berjumlah 168 buah. Sebelum jamaah haji melakukan rukun haji, mereka akan mengunjungi Jabal Rahma.

                Terdapat pula tapak batu disekitaran Jabal Rahma. Pada jaman Rasulullah SAW, tapak batu ini berfungsi sebagai tempat wukuf di hari Arafah pada saat melaksanakan haji wada’. Di tempat inilah kemudian Allah menurunkan surat Al-Maidah ayat 3 kepada Rasulullah.

Di jabal ini pula Nabi Adam dan Siti Hawa dipertemukan kembali setelah terpisah selama 100 tahun. Begitu besarnya nilai sejarah yang dimiliki oleh jabal ini, membuat banyak Jemaah yang ingin melakukan wukuf di tempat bekas wukuf Rasululah tersebut.

 

Jabal Uhud

                Merupakan bukit terbesar di Kota Madinah. Bukit ini terletak 5 km dari pusat Kota Madinah.  Lokasinya berada di pinggir jalan Madinah menuju Makkah.  Mulai tahun 1984 perjalanan jemaah haji Makkah ke Madinah atau dari Madinah ke Jeddah tidak melalui jalan didekat Jabal Uhud, melainkan melalui jalan baru yang tidak melewati pinggir jabal tersebut.

                Bukit terbesar ini memiliki nilai sejarah Islam yang penting yaitu terjadinya perang dahsyat antara kaum muslimin berjumlah  700 orang melawan kaum musyrikin Makkah sebanyak 3000 orang. Dalam perang  tersebut kaum muslimin yang meninggal dunia mencapai  70 orang syuhada, antara lain Hamzah bin Abdul Muthalib paman Nabi Muhammad SAW.

Pada akhirnya perang ini dimenangkan oleh kaum muslimin meskipun berjumlah lebih sedikit dibandingkan kaum musyrikin.

Tentang Kami

PT . Tamasya Indah Tour & Travel adalah salah satu badan usaha penyelenggara ibadah Umrah & Haji Plus yang berada di Jakarta Selatan

Plaza Basmar Lt. 3.3

Mampang Prapatan Raya no. 106 RT 01/01
Kel. Duren Tiga
Kec. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

021 79181251

085714112464

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 



Alasan Memilih Kami?

Amanah Kami berkomitmen kuat untuk menjaga amanah yang telah diberikan oleh jamaah.
Syariah Kami menjaga seluruh transaksi yang dilakukan menggunakan prinsip syariah.
Terpercaya Fasilitas dan kepastian keberangkatan menjadi prioritas kami