Kumpulan informasi tentang umroh terlengkap

                Sebagai umat muslim tentu sudah menjadi kewajiban dan panggilan hati untuk menjalankan setiap ibadah wajib dan sunah dalam agama Islam. Mulai dari shalat 5 waktu, puasa, zakat hingga melakukan ibadah haji dan umrah.

                Umroh sendiri merupakan suatu bentuk ibadah yang dapat dilakukan dengan menjalani serangkaian kegiatan yang terdiri atas Ihram, Thawaf, Sa’i serta Tahalul. Ritual ibadah tersebut dilaksanakan di kota Mekah, utamanya di Masjidil Haram. Namun sebelum menjalani ibadah ini, seseorang haruslah mengetahui benar segala hal terkait umroh meliputi syarat umroh hingga biaya umroh. Lebih lengkapnya akan diuraikan satu per satu dalam ulasan dibawah ini.

 

Syarat Melakukan Umroh

                Syarat adalah sesuatu yang wajib dilakukan siapapun yang ingin berumroh. Karena wajib, maka hal ini perlu dipelajari. Sama halnya seperti ibadah-ibadah lain, dalam umroh juga menerapkan beberapa syarat yang harus dipatuhi agar ibadah umroh yang dijalankan diterima oleh Sang Pencipta. Syarat-syarat tersebut ialah:

  1. Islam

Ini merupakan syarat wajib yang harus dijalani oleh pelaku umroh. Seperti yang anda ketahui jika ibadah ini merupakan ibadah bagi yang beragama Islam, maka non-Islam tidak disyariatkan menjalankan kegiatan ibadah berikut. Bagi umat Islam yang telah mampu, diperkenankan untuk melakukan ibadah berikut.

  1. Berakal

Umroh yang dilakukan oleh orang yang tak berakal atau gila tidak dianggap sah. Karena memang syaratnya harus orang yang berakal.

  1. Istitaah

Artinya pelaku umroh harus memiliki kemampuan akan segi fisik, biaya hingga keamanan.

  1. Baligh

Ini merupakan salah satu rukun umroh. Bagi anak yang belum baligh tidak disyariatkan untuk melakukan ibadah berikut.

  1. Merdeka

Telah merdeka dan bukan hamba sahaya (budak), hal ini merupakan syarat umroh karena ibadah ini memerlukan waktu yang cukup lama, jika hamba sahaya menjalankan kegiatan berikut dikhawatirkan kepentingan tuannya akan terbengkalai.

 

Kewajiban dalam umroh

                Dalam menjalani umroh, ada pula kewajiban-kewajiban yang perlu anda lakukan Apabila kewajiban ini tidak dijalankan maka anda harus mengganti dengan membayar denda atau dam. Seusai membayar dam, ibadah umroh baru akan sempurna. Yang menjadi wajib umroh meliputi:

  • Melakukan kegiatan ihram sewaktu masuk ke miqat
  • Menjalani tahalul atau memotong sebagian maupun seluruh rambut.

 

Tentang umroh dan biayanya

                Selanjutnya, dalam menjalani ibadah umroh terdapat beberapa tata cara yang harus dipatuhi. Umroh merupakan suatu kegiatan spiritual yang diharapkan dapat mendekatkan pribadi dengan Allah. Maka dari itu dalam melakukannya anda harus sepenuh hati, terutama menjalani runtutan aktivitas dari umroh itu sendiri.

                Ibadah haji dan umroh hampir mirip, namun tetap anda yang membedakan. Salah satunya waktu pelaksanaan umroh dapat kapan saja, tetapi tidak demikian dengan ibadah haji yang hanya dapat dilakukan pada bulan haji.

                Biaya umroh memang beragam, tergantung pada agen travel yang bersangkutan. Anda pun dapat memilih menggunakan pelayanan jasa yang sesuai dengan kantong anda. Untuk tahun 2016 ini, biaya umroh berkisar antara Rp. 25.000.000 hingga 45.200.000. tetapi biasanya biaya umroh dari tahun ke tahun memang terus mengalami peningkatan, walaupun demikian tidak akan menyurutkan semangat anda untuk berumroh bukan?

                Beberapa informasi tentang umroh tersebut dapat memperkaya pengetahuan anda. Selain itu juga dapat meminimalisir beberapa kesalahan yang timbul ketika umroh, yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan dasar perihal ibadah umroh. Sebagai umat muslim yang mampu maka jalankanlah ibadah yang berikut ini, agar benteng diri makin kuat.

 

 

 

 

 

 

Tentang Kami

PT . Tamasya Indah Tour & Travel adalah salah satu badan usaha penyelenggara ibadah Umrah & Haji Plus yang berada di Jakarta Selatan

Plaza Basmar Lt. 3.3

Mampang Prapatan Raya no. 106 RT 01/01
Kel. Duren Tiga
Kec. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

021 79181251

085714112464

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 



Alasan Memilih Kami?

Amanah Kami berkomitmen kuat untuk menjaga amanah yang telah diberikan oleh jamaah.
Syariah Kami menjaga seluruh transaksi yang dilakukan menggunakan prinsip syariah.
Terpercaya Fasilitas dan kepastian keberangkatan menjadi prioritas kami